Saturday, July 9, 2011

Pentingnya Kepercayaan


share on facebook
Font Re-Size
oleh: Xie Zheng Ming


Pada jaman Zhan Guo (战国), kerajaan Qin (秦) memiliki seorang perdana menteri yang bernama Shang Yang (商鞅). Pada hari pertama Shang Yang menjabat, ia mengeluarkan sebuah pengumuman. Pengumuman itu berisi: barang siapa dapat memindahkan sebatang kayu yang ada di gerbang sebelah timur ke gerbang sebelah barat akan mendapat hadiah sebesar 100 tael emas. Setelah membaca pengumuman tersebut, para penduduk lantas mengamati sebatang kayu yang dimaksud, diperhatikan seksama tidak ditemukan suatu keistimewaan apapun. 

Mereka semua merasa aneh & tak habis berpikir mengapa kerajaan menghamburkan uang untuk hal yang konyol? Di masa lalu, pihak kerajaan selalu mengingkari pengumuman yang mereka buat. Maka dari itu, kali ini para penduduk secara otomatis menaruh curiga terhadap pegumuman tersebut. Meskipun pengumuman itu telah dipasang sehari penuh, masih belum ada juga orang yang mencobanya. Keesokan hari, datanglah seorang pemuda. Pemuda ini karena merasa sudah jenuh dibohongi oleh kerajaan lantas memindahkan sebatang kayu itu dari gerbang sebelah timur menuju gerbang sebelah barat. Tidak disangka penjaga yang ada di gerbang sebelah barat memberinya 100 tael emas. Peristiwa ini meninggalkan kesan yang mendalam di mata para penduduk, mereka menjadi yakin apa yang dijanjikan oleh kerajaan pasti akan dipenuhi. Sejak itu Shang Yang mulai membuat peraturan & hukum yang harus ditaati oleh semua pihak. 

Suatu ketika pangeran  berbuat kesalahan, oleh Shang Yang juga dijatuhi hukuman sesuai dengan peraturan yang telah dibuat. Kejadian tersebut membuat para penduduk makin percaya terhadap kerajaan Qin. Berkat usaha keras dari Shang Yang akhirnya kerajaan Qin dapat menjadi kerajaan terkuat di masanya. 

Kehilangan kepercayaan adalah kehilangan yang terbesar. Bagaimana sebuah negara bisa menjadi besar & kuat jika ia menyianyiakan kepercayaan yang diberikan oleh rakyat?




Please write a comment after you read this article. Thx..!! 

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

2 comments:

James said...

dengan kepercayaan kita bisa mendapatkan segalanya..

donnie tandian said...

Wei De Dong Thian,
saya copy-paste ya cerita-cerita bijaknya,
terus berinovasi membuat cerita bijaknya,
Terima Kasih,
Wei De Dong Thian,

Post a Comment