Saturday, November 5, 2011

Raja yang Tidak Berwawasan


share on facebook
Font Re-Size

无知的国王
Wu Zhi De Guo Wang
Raja yang Tidak Berwawasan


oleh: Xie Zheng Ming

从前有一个无知的国王,生了一个女儿。国王非常疼爱这公主,希望她能立刻长大。于是就去叫来一个医生。国王对医生商量说:请你给我一种药,使公主吃了立刻能长大?医生回答:这件事情虽然比较难,但是还能办得到。良药是有的,可是还要去探取在很远的地方。请国王答应我的条件:当我探取药期间,您不能去看公主,等我回来给她 吃了药您才可以再见她。国王答应了,医生就去远地求药。经过十几年后,医生就说办到药回来了。公主吃了药以后,由医生领去见国王。国王见公主已长成了,非常高兴,对医生说:谢你了,公主吃了你的药立刻长的这样大了。说后并命左右待臣赏赐这个医生很多的财宝. 当时的人都笑国王无知,竟不知道算一算她女儿的年龄。  


                                                                                                           
Pada jaman dahulu kala ada seorang raja yang tidak berwawasan, memiliki seorang anak perempuan. Raja sangat menyayangi putrinya ini, berharap bisa segera tumbuh dewasa. Karena itu raja lantas memanggil seorang tabib untuk datang menghadap. Raja berunding dengan tabib tersebut tentang masalah obat yang dapat membuat putri tumbuh dewasa dalam sekejab. Si tabib menjawab, masalah ini  sebenarnya agak sulit, akan tetapi masih bisa diperjuangkan. Bahan untuk obat tersebut memang ada, akan tetapi harus pergi ke tempat yang jauh untuk mengumpulkannya. Mohon baginda menyetujui syarat yang saya ajukan: selama saya pergi mencari obat, anda tidak boleh menemui sang putri, setelah saya memberikan obat kepada putri anda baru dapat menemuinya kembali. 

Segera setelah raja setuju syarat tersebut, si tabib pergi mencari obat. Setelah berselang belasan tahun kemudian si tabib memberi kabar bahwa obat telah didapatkan, dalam perjalanan pulang. Setelah putri meninum obat tersebut, si tabib mengajaknya untuk menemui raja. Raja mendapati putrinya telah beranjak dewasa merasa sangat senang, berkata kepada si tabib: terimakasih, ini semua berkat jasa kamu. Putri setelah meminum obat kamu segera menjadi dewasa. 

Setelah itu raja lantas memerintahkan untuk memberikan banyak hadiah kepada si tabib. Mendengar instruksi tersebut semua orang yang hadir merasa geli karena raja yang tidak berwawasan, tidak dapat lagi menghitung usia putrinya. 

Dari cerita ini kita dapat mempelajari bahwa segala sesuatunya perlu proses, tidak bisa seketika berhasil. Sebenarnya putri tidak karena meminum obat lantas menjadi dewasa, putri menjadi dewasa secara alami karena waktu telah berjalan lama. Raja karena lama tidak bertemu dengan putri begitu bertemu tentu saja terkejut melihatnya. ini semua karena si tabib yang cerdik.





Please write a comment after you read this article. Thx..!! 

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

0 comments:

Post a Comment