Sunday, August 14, 2011

Bu Chi Xia Wen


share on facebook
Font Re-Size

不耻下问

Bu Chi Xia Wen

oleh Xie Zheng Ming


Confucius hidup pada jaman chun qiu,adalah seorang pemikir besar dari daratan Tiongkok. Beliau sangat menaruh perhatian terhadap masalah pendidikan. Dalam kesehariannya Confucius bersikap rendah hati & suka belajar. Beliau berpendapat bahwa:setiap orang tidak begitu dilahirkan lantas memiliki pengetahuan yang luas, untuk menjadi orang yang berwawasan haruslah tekun belajar. Suatu ketika Confucius berkunjung ke sebuah kuil leluhur raja untuk menghadiri upacara sembahyang. Di dalam kuil Confucius sering-sering bertanya kepada para pengurus kuil. Ada seseorang yang menertawakan jika Confucius tidak mengetahui tata cara upacara. Mengetahui hal tersebut Confucius berkata: begitu menemukan hal yang kurang jelas haruslah ditanyakan hingga mengerti, barulah benar-benar bisa dikatakan memahami tata cara upacara. 

Nabi bersabda, "Yu (Cu-lo), Kuberi tahu apa artinya 'mengerti' itu! Bila mengerti berlakulah sebagai orang yang mengerti; bila tidak mengerti berlakulah sebagai orang yang tidak mengerti. Itulah yang dinamai 'mengerti.'" (Sabda Suci II : 17)

Pada kesempatan lain seorang pejabat dari kerajaan Wei yang bernama Kong Yu meninggal. Setelah meninggal Kong Yu mendapatkan gelar sebagai kaum cendikiawan. Seorang murid confucius yang bernama Zi Gong merasa tidak terima, lantas bertanya kepada sang guru perihal pemberian gelar tersebut. Confucius dengan tersenyum menjawab: Kong Yu orangnya cerdas & rajin, memiliki semangat untuk maju yang besar, tidak pernah malu untuk bertanya kepada orang lain walau kedudukan & pengetahuan yang dimiliki tidak setingkat dengan dirinya. Inilah sebabnya Kong Yu bisa menyandang gelar sebagai cendekiawan. 

Kita seringkali karena memiliki sedikit kelebihan lantas menjadi sombong. Kita mungkin dalam hal-hal tertentu bisa lebih hebat daripada yang lain,tapi tentu tidak akan bisa menguasai segalanya. Pepatah mandarin Bu Chi Xia Wen digunakan untuk mengungkapkan tidak malu bertanya kepada orang bawahan. Kalau kita bersikap rendah hati berarti masih memiliki kesempatan untuk lebih maju lagi. Marilah kita belajar untuk rendah hati. 





Please write a comment after you read this article. Thx..!! 

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

0 comments:

Post a Comment