Tuesday, August 9, 2011

Hanya Kebajikan Tuhan Berkenan


share on facebook
Font Re-Size

Oleh : WS Suhendar. S


SALAH SATU ajaran Agama Khonghucu (Ru Jiao) adalah salam khas yakni Wei De Dong Tian yang bermakna Hanya Kebajikan Tuhan Berkenan. Salam ini adalah suatu pernyataan teologis, mengenai bagaimana manusia dapat mencapai hadirat Tuhan. Tidak ada jalan lain kecuali berbuat kebajikan kepada sesama manusia, hanya itu yang dapat menyelamatkan kita. Salam ini (We De Dong Tian) dijawab dengan Xian You Yi De yang artinya kurang lebih, maka Milikilah yang satu ini adalah kebajikan.

Salam ini dipetik dari Kitab Shu Jing (salah satu Kitab Suci Agama Khonghucu). Kebajikan yang dimaksud dari salam ini adalah Wu Chang (Lima Mutiara) yang merupakan percikan Illahi (Tian Xing) yang dipercikan Tian (Tuhan) kepada diri manusia ketika manusia dilahirkan. Adapun Wu Chang (Lima Mutiara) percikan Illahi tersebut adalah  Ren (Cinta Kasih), Yi (Kebenaran), Li (Kesusilaan), Zhi (Kebijakan/Kearifan), Xin (Dapat dipercaya). Yang artinya bahwa manusia menjalankan kehidupan berlandaskan apa yang telah Tian (Tuhan) karuniakan bagi setiap manusia yang merupakan bekal/ kasih-Nya bagi manusia.

1. Manusia yang hidup berdasarkan Ren (Cinta Kasih) adalah manusia yang saling mengasihi/menyayangi sesama, menolong sesama, rela berkorban demi orang lain. 
“Seorang yang berperi cinta kasih ingin dapat tegak, maka berusaha agar orang lainpun tegak, ia ingin maju, maka berusaha agar orang lainpun maju”
(Sabda Suci VI : 30,3).

2. Manusia harus hidup berlandaskan Yi (Kebenaran), karena Yi (Kebenaran) merupakan jalan lurus bagi kehidupan manusia.
Nabi bersada, “Hidup manusia difitrahkan lurus. Kalau tidak lurus tetapi terpelihara juga kehidupannya, itu hanya kebetulan”. 
Sabda Suci VI : 19).

3. Manusia sebagai makhluk paling mulia ciptaan Tian, Tuhan Yang Maha Kuasa harus memiliki etika/tata karma dalam melaksanakan kehidupan ini, atau dengan kata lain hidup harus berlandaskan Kesusilaan.

Maka dalam kitab Sabda Suci VIII : 8 tersurat: Nabi bersabda,  Bangunkan hatimu dengan sanjak, Tegakkan pribadimu dengan kesusilaan, Sempurnakan dirimu dengan musik.

4. Manusia harus bersikap arif dan bijaksana dalam bertindak karena tindakan yang berdasarkan kearifan dan kebijaksanaan menjadikan kita akan selalu membahagiakan diri sendiri dan juga membahagiakan sesama manusia. Salah satu tindakan yang arif dan bijaksana dapat kita lihat Kitab Sabda Suci XIV; Ada orang bertanya ”Dengan kebajikan membalas kejahatan, bagaimanakah itu? Nabi bersabda, “kalau demikian, dengan apa engkau dapat membalas kebajikannya?, “Balaslah kejahatan dengan kelurusan dan balaslah kebajikan dengan kebajikan. 

Jadi kita dapat hidup berlandaskan Ren (Cinta Kasih), Yi (Kebenaran), Li (Kesusilaan) dan Zhi (Kearifan/Kebijaksanaan), maka kita akan menjadikan manusia yang dapat dipercaya (Xin). 

“Dan seseorang yang dapat dipercaya dalam hidup ini akan dapat mencapai cita-cita yang mulia. 
(Ajaran Besar X : 18).

Dan perlu pembaca terkasih ketahui bahwa salam khas umat Khonghucu “Wei De Dong Tian” / hanya kebajikan Tuhan berkenan pertama diucapkan oleh Nabi Ik sebagai nasehat kepada Raja Da Yu pendiri Dinasti Xia (2205/1766 SM). Sedangkan ujar “Xian You Yi De” yang merupakan jawaban dari salam “We De Dong Tian” pertama diucapkan oleh Nabi Yi Yan sebagai nasehat kepada Raja Cheng Tang pendiri dinasti Shang (1766-1222 SM). 





SUMBER: DISINI


Please write a comment after you read this article. Thx..!! 

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

0 comments:

Post a Comment