Tuesday, November 16, 2010

Sumpit—Salah Satu Kehebatan Budaya Tionghoa


share on facebook
Font Re-Size
Sumpit adalah peralatan makan yang diciptakan oleh orang Tionghoa. Sumpit digunakan untuk menjepit makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Sumpit kebanyakan terbuat dari bambu, namun belakangan juga dibuat dari berbagai macam bahan, seperti: emas, gading, plastik dan lain-lain.

Sumpit merupakan karya ilmiah besar yang patut dibanggakan di dalam sejarah peradaban manusia. Orang Tiongkok di masa Chunqiu dan Zhanguo sudah menggunakan sumpit. Dua batang yang kelihatannya simpel ini, telah dengan pintarnya menerapkan teori keseimbangan di dalam ilmu fisika. Sumpit merupakan perpanjangan jari tangan manusia. Sumpit tidak takut makanan yang panas, makanan beku, sungguh adalah ciptaan yang hebat.

Orang Barat kira-kira abad ke-16 dan 17 baru menciptakan pisau dan garpu. Namun pisau dan garpu bisakah disamakan dengan sumpit? Saat kita menggunakan sumpit, ada 80 lebih sendi dan 50 buah otot yang sedang bergerak, sekaligus berhubungan dengan sistem saraf. Maka, makan menggunakan sumpit dapat melatih kelincahan tangan, serta kemampuan otak.


Please write a comment after you read this article. Thx..!!

2 comments:

Your Mobile Need said...

Pertamax.........
Tetep Update ya....... :)

Dus said...

Mau makanan apapun, kalo Anda mencari Kemasan makanan yang tahan air dan minyak bisa coba lihat di sini.
Berguna untuk rumah makan ataupun resto yang membutuhkan branding.

Post a Comment