Sunday, February 6, 2011

Bu Shi


share on facebook
Font Re-Size
oleh : Xie Zheng Ming


西汉时候有一个很有钱的人,名叫卜式。后来,因为看弟弟生活环境不好,做事赚钱不多,所以就把财产都给弟弟,自己只带了几支羊。到山里去放羊。因为山林地广人稀,牧草丰富,羊儿长得又快又好,不过几年的时间,卜式又成了富翁。那个时候,汉朝北边时常受到匈奴侵犯。国家要派大批军队驻守来保护国土,军费的开支很大。卜式写了一封信给汉武帝,说是愿意捐一半的财产给朝廷,当做保卫国家的军费。汉武帝知道了,便派人问卜式说:你为国家捐献财产,是要想做官,还是有什么冤仇要报? 卜式回答说:我不想做官,也没有冤仇要报,我捐献钱是为了国家,并不为自己.大家都要学习卜式爱国精神

Pada masa dinasti Han Barat ada seorang yang sangat kaya bernama Bu Shi. Belakangan, karena melihat penghidupan sang adik kurang begitu baik, maka diberikanlah semua harta benda kepada dia, ia hanya membawa beberapa ekor kambing untuk diternak di gunung. Karena daerah pegunungan tanahnya luas, jarang penduduknya, banyak rumput, kambing yang dipelihara cepat besar & gemuk, selang beberapa tahun Bu Shi menjadi kaya raya. 

Saat itu kerajaan Han bagian utara sering diserang oleh suku bangsa Xiong Nu. Kerajaan menugaskan pasukan dalam jumlah besar untuk menjaga daerah perbatasan,membutuhkan biaya yg sangat besar. Bu Shi menulis surat kepada Raja Han Wu Ti, ingin menyumbangkan separuh dari kekayaannya untuk kerajaan sebagai pengganti biaya untuk menjaga daerah perbatasan dari gangguan suku bangsa Xiong Mu. Segera setelah Han Wu Ti mengetahuinya, memerintahkan orang untuk pergi menanyakan kepada Bu Shi tujuan dari tindakannya tersebut. Apakah ingin menjadi pejabat, atau ingin melampiaskan dendam tertentu? Bu Shi menjawab, "saya tidak ingin menjadi pejabat maupun, memiliki dendam tertentu, saya menyumbangkan kekayaan untuk kepentingan kerajaan bukan demi saya pribadi." Kita semua harus meneladani sifat Bu Shi yang cinta tanah air.


Please write a comment after you read this article. Thx..!! 

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

0 comments:

Post a Comment