Friday, October 15, 2010

Confucius, Confucian, dan Confucianism


share on facebook
Font Re-Size
Ketika kita melihat Profile teman-teman kita di facebook dan membuka Tab infonya tentu kita dapat menemukan sebuah kolom dengan nama "Religious Views" atau "Agama" dalam bahasa Indonesia. Tapi koq banyak teman kita yang mengisikan kolom tersebut dengan "Confusius". Tahukah kalian klo Confucius itu bukan agama. Berikut perbedaan Confucius, Confucian, dan Confusianism:


Confucius

Confucius adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai nabi. Confucius merupakan pelafalan dari orang barat yang tidak bisa mengatakan Kongfuze. Di Indonesia Confucius dikenal dengan Nabi Kongzi atau Nabi Khongcu.

Jadi jelas Confucius bukanlah agama melainkan seorang Tokoh yang mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan.


Confucian

Confucian atau Konfusian atau Konfusianis merupakan pengikut dari ajaran yang diajarkan Confucius atau Nabi Kongzi. Jadi Confucian merupakan umat yang mempelajari dan menjalankan ajaran dari Confucius.


Confucianism

Confucianism atau Konfusianisme. Dalam bahasa Indonesia Sufiks(akhiran) -isme berasal dari Yunani -ismos, Latin -ismus, Perancis Kuna -isme, dan Inggris -ism. Akhiran ini menandakan suatu faham atau ajaran atau kepercayaan. Jadi Confucianism atau Konfusianisme merupakan
suatu ajaran dari Confucius atau Nabi Kongzi mengenai kemanusian, nilai penting pembelajaran, hormat kepada orang tua(termasuk leluhur), perdamaian, dan keadilan yang dipengaruhi budaya China dan memiliki pengaruh besar terhadap sejarah dan kebudayaan di Asia Timur. Nah ajaran inilah yang disebut sekarang ini sebagai agama Khonghucu yang berakar dari ajaran Ru yang sudah ada sebelum zaman Nabi Kongzi(551 SM - 479 SM).



Jadi, sekarang kita sudah tahu apa yang seharusnya kita isi pada kolom agama tersebut. Kita dapat mengisinya dengan "Confucianism" "Ru Jiao(Ajaran Ru) atau "Khonghucu" karena kita tinggal Indonesia.

Selain itu DIBERITAHUKAN juga kepada kalian yang sudah berusia 17 tahun bahwa pada kolom agama di KTP sekarang ini sudah bisa kita isikan dengan agama KHONGHUCU dan DIHIMBAU kepada yang sudah memiliki KTP namun belum tertuliskan Khonghucu segera menggantinya tanpa harus menunggu kadaluarsa dari KTP tersebut.

Apabila ada yang dipersulit dalam pembuatan KTP-nya, anda dapat menghubungi MATAKIN atau MAKIN-MAKIN setempat atau bisa juga Reply tulisan ini.



Please write a comment after you read this article. Thx..!!

0 comments:

Post a Comment