Monday, January 10, 2011

8 KADO INDAH...


share on facebook
Font Re-Size
Delapan kado indah ini adalah hadiah terindah dan tak ternilai bagi orang-orang yang kita      sayangi.
 KEHADIRAN. Kehadiran orang yang dikasihi adalah kado terindah yang tak ternilai harganya. Memang kita bisa juga hadir lewat surat, telepon, foto atau fax. Namun dengan berada di sampingnya, kita dengan dia dapat berbagi perasaan, perhatian dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Jadikan kehadiran kita sebagai pembawa kebahagiaan,.
MENDENGAR.Sedikit orang yang mampu memberikan kado ini. Sebab, kebanyakan orang lebih suka didengarkan daripada mendengarkan pada segala ucapannya, secara tak langsung kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan hati. Untuk bisa mendengar dengan baik, pastikan kita dalam keadaan betul-betul relaks dan bisa menangkap utuh apa yang di sampaikan. Tatap matanya dan pandangi wajahnya. Tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan dia menuntaskannya, ini memudahkan kita memberikan tanggapan yang tepat setelah itu kita memberikan tanggapan yang tepat. Tidak harus berupa diskusi atau penilaian. Sekedar ucapan terima kasih pun terdengar manis baginya.
DIAM. Seperti kata-kata, di dalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai untuk menghukum, mengusir atau membingungkan orang. Tapi lebih dari segalanya, diam juga bisa menujukkan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya “ruang”. Terlebih jika sehari-hari kita sudah terbiasa gemar menasehati, mengatur , mengkritik, bahkan mengomel.
KEBEBASAN. Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupannya. Bisakah kita mengaku mencintai  seseorang jika kita selalu mengekangnya?? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah “kamu bebas berbuat semaumu”. Lebih dalam dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan.
KEINDAHAN. Siapa yang tak bahagia, jika orang yang disayangi tiba-tiba tampil lebih ganteng atau cantik? Tampil indah dan rupawan juga merupakan sebuah kado yang indah.
TANGGAPAN POSITIF. Tanpa sadar, sering kita memberikan penilaian negative terhadap pikiran, sikap atau tindakan orang yang kita sayangi seolah-lah tidak ada yang benar dari dirinya dan kebenaran mutlak hanya ada pada kita. Kali ini, coba hadiahkan tanggapan positif. Nyatakan dengan jelas dan tulus.
KESEDIAAN MENGALAH. Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertenagkaran. Palagi sampai menjadi pertengakaran yang hebat. Bila kita memikirkan hal ini, berarti kita siap memberika kado “KESEDIAAN MENGALAH”. Kesediaan untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna didunia ini.
SENYUMAN. Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Senyuman, terlebih yang di berian dengan tulus, bias menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semngat dalam keputusasaan, pencerah susasana muram, bahkan obat penenang jiw ayang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliing kita. Kapan terakhir kali kita menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi.
           
(Efan, di kutip dari majalah GENTA HARMONI edisi 14)

                                                                                                                   

0 comments:

Post a Comment