Saturday, January 15, 2011

Shi Dao Zhi Jiao


share on facebook
Font Re-Size
市道之交

Shi Dao Zhi Jiao


oleh : Xie Zheng Ming


市道之交的意思是说:有交友之道如商人的互相追逐利益。把朋友相交相当以生意交易,要是这件货物媾入可以赚一笔钱谁不想买?倘若是冷门货,明知媾进之后会亏本谁要买它?人们常用这句成语来形容现实势力的朋友交清。这种交清是不值得我们学习的了

Yang dimaksud dengan Shi Dao Zhi Jiao adalah: menyamakan makna persahabatan sama dengan hubungan bisnis yang hanya mengutamakan keuntungan pribadi. Menganggap pertemanan semudah berdagang, jika mengetahui jenis barang tertentu akan dapat menghasilkan keuntungan semua tentu mau membelinya. Ketika sejak awal tahu jika barang tersebut tidak bisa menghasilkan keuntungan, tak seorang pun ingin membelinya. Masyarakat sering menggunakan idiom ini untuk melukiskan hubungan persahabatan yang terjalin semata-mata berdasarkan keuntungan pribadi. Persahabatan yang seperti ini tidak layak untuk kita tiru.





战国时赵国有一个大将,名叫廉颇。赵王因他功业显赫,所以封给他高官与土地。廉颇的生活就富贵起来了,当时奉承巴结他的人很多,朋友来往,门庭若市。后来赵王听信了小人的谗言,嫌他太老,免去他的将军职位,从此来往的友人渐稀少

Pada jaman peperangan, kerajaan Zhao memiliki seorang jenderal yang bernama Lian Po. Karena reputasi Lian Po sangat baik, Raja Zhao memberikan kedudukan yang tinggi & tanah. Penghidupan Lian Po menjadi serba berkecukupan, waktu itu banyak sekali orang yang menyanjung & menjilatnya, tamu yang datang berkunjung ke rumahnya tiada habis-habisnya. Sampai suatu ketika Raja Zhao mempercayai fitnah dari seorang rendah budi yang menganggap Lian Po sudah terlalu tua, akhirnya Lian Po kehilangan kedudukannya sebagai jenderal, semenjak itu tamu yang datang berkunjung ke rumah menjadi berkurang.



不久,赵国的新将军因为只会纸上谈兵,在长平战役中,被秦王将抗杀了赵国四十万大军,赵王才恍然大悟廉颇的将才,连忙又要重用他了。于是过去的那些人又纷纷前来恭贺.廉颇想到这些人的现实嘴脸

Tak lama setelah itu, karena jenderal pengganti Lian Po hanya bisa membicarakan strategi militer di atas kertas, dalam pertempuran banyak prajurit yang terbunuh oleh pasukan raja Qin, saat itu Raja Zhao baru menyadari keputusannya yang terdahulu adalah kurang benar, segera meminta Lian Po untuk kembali menjabat. Akhirnya orang-orang yang awalnya menyanjung & menjilat kemudian meninggalkan Lian Po kembali datang untuk memberikan ucapan selamat. Teringat akan kisah yang telah terjadi Lian Po tidak menyambut mereka dengan ramah.





Please write a comment after you read this article. Thx..!! 

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

0 comments:

Post a Comment