Saturday, January 22, 2011

Fan Zhong Yan


share on facebook
Font Re-Size
范仲淹

Fan Zhong Yan




范仲淹是北宋时候的人,他父亲早就去死了,靠着努力不懈的求学精神,后来能成为宋朝名臣。

Fan Zhong yan adalah orang yang hidup pada jaman dinasti Song utara, sewaktu masih kecil ayahya sudah meninggal, rajin sekali menimba ilmu, sampai akhirnya bisa menjadi seorang pejabat ternama dinasti song



范仲淹小的时候生活困难,时常借住在庙里,每天煮一锅稀饭,借冻以后,用刀切成三块,每餐吃一块,有时候甚至连稀饭都没得吃,只好饿肚子。

Semasa kecil Fan Zhong yan hidup dalam kemiskinan, setiap hari memasak semangkuk bubur, bubur yang telah didinginkan lantas dibagi menjadi 3 potong, setiap kali makan sepotong, kadang sampai tidak makan menahan lapar.



虽然生活很苦, 但是范仲淹毫不抱怨,反而更加认真读书,晚上常常念到三更半夜,如果念累了,就用冷水洗脸来振奋精神。

Meskipun kehidupannya sangat menderita, Fan Zhong Yan tidak pernah menggerutu, justru menjadi tambah bersemangat untuk belajar, seringkali belajar sampai tengah malam, ketika merasa lelah segera pergi membasuh muka dengan air dingin untuk mengembalikan semangat.



皇天不负苦心的人,27 岁那年,范仲淹终于考中了进士,当时的仁宗皇帝很欣赏他。有一次西夏举兵造反,范仲淹奉命驻守边疆,由于他英明勇敢,西夏人都怕他,始终不敢再来侵犯。

Tuhan tidak menyianyiakan mereka yang tekun, pada usia 27 tahun Fan Zhong Yan berhasil lulus ujian kerajaan & mendapatkan perhatian khusus dari Raja Ren Zong. Suatu ketika kerajaan Xia barat berbuat kekacauan, Fan Zhong Yan ditugaskan untuk menjaga daerah perbatasan. Karena Fang Zhong yan orangnya bijaksana & handal, tentara xia barat menjadi takut, selamanya tidak pernah berulah lagi.



范仲淹虽然做了这么高的官,但是他的生活仍然非常俭约。他在故乡买下一千亩肥沃的良田,称为“义田”,用义田的收入来帮助穷困的族人,或赋闲在家等待工作的人。由于范仲淹一心想到帮助别人,从来不为自己打算,所以虽然有义田千亩,但是他一生都过得着清贫的生活。

Meskipun menyandang jabatan sebagai pejabat, kehidupan Fan Zhong yan sangatlah sederhana. Di kampung halamannya ia membeli sebidang tanah pertanian subur yg sangat luas, dinamakan Yi Tian. Persawahan Yi Tian sepenuhnya digunakan untuk kegiatan sosial, uang yang dihasilkan digunakan untuk menolong rakyat jelata, rakyat yang tidak memiliki pekerjaan dipekerjakannya. Karena Fan Zhong Yan sangat mempedulikan nasib orang lain, tidak pernah berpikir untuk memperkaya diri, selamanya hidup miskin.



方仲淹曾经说过:先天下之忧而忧,后天下之乐而乐。意思就是说:一个人应该在天下人还没有忧虑以前,先替天下人忧虑;等到天下人都得快乐以后,自己才能享受快乐

Fan Zhong yan dulu sering berkata: seseorang seharusnya sebelum orang merasa cemas,harus merasa cemas dahulu.jika semua orang telah merasa bahagia barulah saya dapat menikmati kebahagiaan itu.




Please write a comment after you read this article. Thx..!!

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

0 comments:

Post a Comment