Thursday, January 13, 2011

Kisah Yan Zi


share on facebook
Font Re-Size
宴子的故事

Yan zi de gu shi

Kisah Yan Zi


oleh : Xie Zheng Ming


春秋时代齐国有一位宰相,名叫宴子。宴子的口才好,又很机智。有一次,齐国国王派他到楚国访问。楚王在皇宫里举行一个盛大的宴会来招待宴子。正当大家吃喝到一半的时候,卻见卫士带进来一个犯人。原来这犯人是齐国人,是个小土匪。楚王就露出嘲笑的表情,转过头来看宴子。宴子,不慌不忙地就站起来,很沉着地回答:为什么同样的桔子树,所结出的果实就完全不同?淮河以南种的桔子树,它所结的果实又大又甜,但是如果把这棵树移植到淮河以北,它所结的果实卻又小又酸。那就是因为环境不一样,所结出的果实才能不同。同样的道理,我们齐国从来没有土匪,这个人到楚国以后卻做了土匪,他一定是受了贵国不良社会风气的影响,才会变坏的吧?楚王原来想要作弄宴子的,没想到反而羞辱了自己



Pada masa Chun Qiu, kerajaan Qi memiliki seorang perdana menteri  yang bernama Yan Zi. Yan Zi sangat pandai berbicara & cerdik. Suatu ketika raja Qi memerintankan Yan Zi untuk mengunjungi kerajaan Chu. Raja Chu di istana mengadakan pesta untuk menjamu Yan Zi. Di tengah-tengah acara, ada seorang pengawal membawa masuk seorang pesakitan. Pesakitan tersebut adalah seorang bandit dari kerjaan Qi. Raja Chu menampakkan ekspresi merendahkan, berpaling ke arah Yan Zi. Yan Zi dengan tenang berdiri, menjawab hinaan tersebut dengan sebuah cerita perumpamaan tentang buah jeruk. 
Sama-sama buah jeruknya, tapi buah yg dihasilkan dapat berbeda. Pohon jeruk yg ditanam di selatan sungai Huai bisa menghasilkan buah yang besar & manis, akan tetapi jika pohon tersebut ditanam di utara sungai Huai buah yg dihasilkan kecil & masam. Itu semua karena perbedaan (tanah)lingkungan. Dengan analogi yang sama, sejak dahulu kala di kerajaan Qi tidak pernah ada bandit, pesakitan  ini karena pergi ke kerajaan anda & mendapatkan pengaruh lingkungan masyarakat yang buruk barulah menjadi bandit. Raja Chu yang pada awalnya ingin mempermalukan Yan Zi menjadi malu sendiri.





Please write a comment after you read this article. Thx..!! 

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

0 comments:

Post a Comment