Monday, January 24, 2011

Ya Xiao Zi - Anak Bisu yang Berbakti


share on facebook
Font Re-Size
oleh : Xie Zheng Ming



从前在云南省,昆明地区长有一位哑巴的出现,因为这个哑巴人很孝顺,就叫他做哑孝子。也不晓得他的来自什么地方人,只知他常在昆明街头 出现,因此大家都叫他昆明人。

Pada jaman dahulu di daerah Yun Nan-Kun Ming ada seorang bisu, karena sangat berbakti lantas dinamakan Ya Xiao Zi. Asal-usul Ya Xiao Zi juga tidak diketahui secara pasti, hanya sering terlihat di daerah Kun Ming, sebab itu orang-orang mengatakan ia orang Kun Ming.




哑孝子的母亲年纪已经很老。或是肚子饿,或是身上冷,哑孝子心理都现晓得,不待母亲说,已经明白了。哑孝子家贫穷没有东西吃,专去讨人吃剩的东西来供养母亲。讨着了一定拿回去等母亲吃罢,自己才吃,母亲如没有吃,他从来不肯先吃。母亲偶然有些发怒,就在母亲面前或游戏,或跳舞,使母亲快活。

Ibu dari Ya Xiao Zi sudah renta. Baik saat lapar maupun dingin Ya Xiao Zi bisa mengetahuinya tanpa harus menunggu diberitahu oleh sang ibu. Ya Xiao Zi hidup dalam kemiskinan, untuk memberi, merawat & memelihara sang ibu harus meminta-minta sisa makanan dari orang lain. Ketika makanan sudah didapatkan, Ya Xiao Zi mempersilahkan sang ibu untuk makan lebih dahulu, baru setelah itu dia sendiri yg makan. Ya Xiao Zi tidak berani makan mendahui sang ibu. Ketika ibunya risau, Ya Xiao Zi berusaha sekuat tenaga untuk menghibur, membuat ibu merasa senang.



某一次,有吃西瓜的人,看见哑孝子经过,就把吃剩的一半个送给他,他就拿了西瓜回去。吃西瓜的人以前听说哑孝子得了食物,必定要先给母亲吃,就在孝子后面试验他,果然是这样。

Suatu ketika ada seseorang sedang memakan buah semangka, melihat Ya Xiao Zi lewat, lantas memberikan setengahnya .Orang yang makan semangka ini dulunya pernah mendengar jika ketika Ya Xiao Zi mendapatkan makanan pasti akan mempersilahkan ibunya untuk memakan terlabih dahulu. Ia ingin membuktikan sendiri kebenaran cerita itu, ternyata terbukti memang benar.



后来他母亲死了,乡里人正要商议捐钱收殓尸体,孝子牵了乡人的衣服,到了一口井旁,用手指着井中好几次,大家都觉得很奇怪,就引了绳索下去看看,找到了很多钱。于是母亲埋葬的一切费用都有了。有人说:孝子每天乞钱回来,必定要丢到井理,积得久了,所以有真么多钱。

Akhirnya ibu Ya Xiao Zi meninggal dunia, ketika penduduk desa sedang merundingkan masalah pemakaman, Xiao Zi menarik-narik baju penduduk desa sampai di samping sebuah sumur, dengan tangan menunjuk beberapa kali ke arah sumur. Orang-orang merasa aneh, turun ke dalam sumur untuk mengetahui ada apa sebenarnya. Ternyata ditemukan banyak sekali uang. Dengan demikian seluruh biaya pemakan telah tersedia. Ada orang yang mengatakan: setiap hari sepulang dari mengemis, Xiao Zi membuang uang hasil mengemisnya ke dalam sumur, telah berjalan lama sekali sehingga terkumpullah uang dalam jumlah banyak.



他将母亲埋葬完毕,就到远方去,不再回来了

Setelah pemakaman ibunya selesai, Xiao Zi pergi mengembara & tidak pernah kembali lagi.

Pada saat hidup layanilah sesuai dengan kesusilaan, ketika meninggal dunia makamkanlah sesuai dengan Kesusilaan dan sembahyangilah sesuai dengan Kesusilaan. 

(Lun Yu II : 5)



Please write a comment after you read this article. Thx..!! 

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

0 comments:

Post a Comment