Friday, December 31, 2010

Pentingnya sebuah Kepercayaan


share on facebook
Font Re-Size
Oleh : Xie Zheng Ming

Menjadi orang haruslah dapat dipercaya. Dapat memegang perkataan adalah prinsip dasar menjadi orang. Melakukan hal apapun kepercayaan memegang peranan penting. Seseorang yang telah kehilangan kepercayaan tidak dapat diterima oleh masyarakat, melangkah satu langkah pun sulit. Kepercayaan lebih penting daripada nyawa, karena itu dalam pergaulan sehari-hari harus dapat dipercaya.


Pada jaman Chun Qiu, di negara Wu ada seorang pejabat yang bernama Li Zha. Suatu ketika Li Zha ditugaskan oleh raja Wu untuk beranjangsana ke negara-negara tetangga. Waktu berkunjung ke negara Xu, raja Xu sangat tertarik pada pedang yg dibawa oleh Ji Zha. Ji Zha mengetahui hal tersebut, dalam hati ingin memberikannya, tetapi sebagai seorang utusan dari negara Wu, ia tidak dapat memberikannya begitu saja. Dalam hati Ji Zha memendam keinginan tersebut.

Setalah lewat beberapa waktu, tugas yg diemban pun sudah selesai. Dalam perjalanan pulang ketika melewati negara Xu, Ji Zha dengan terburu-buru mencari raja Xu. Tak disangka raja Xu telah wafat, Ji Zha pergi ke makamnya untuk memberikan penghormatan. Setelah melakukan upacara penghormatan  Ji Zha menggantungkan pedang yg dibawanya pada sebuah pohon. Orang-orang yang menyaksikan hal tersebut terbengong-bengong & menanyakan kepada Ji Zha apa maksudnya. Ji Zha menjawab, "dulu,waktu berkunjung kemari saya telah berjanji dalam hati untuk memberikan pedang ini kepada raja Xu,s ekarang walaupun raja Xu sudah mangkat, saya tetap tidak boleh tidak dapat dipercaya.



Please write a comment after you read this article. Thx..!! 

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

1 comments:

Asis Sugianto said...

sekecil apapun itu, kepercayaan harus dipegang teguh,,,,

Post a Comment