Tuesday, December 21, 2010

Pepatah China: “Mengairi Kebun Melon Negara Tetangga”


share on facebook
Font Re-Size
Song Jiu adalah seorang hakim negara Bian yang dekat dengan perbatasan negara Liang sebelum dia menjabat sebagai pejabat tinggi. Negara lain dari perbatasan tersebut adalah negara Chu. Kedua negara tersebut menabur benih melon di perbatasan dan masing-masing akan memeriksa bersama-sama hasil panen buah melon mereka. Penduduk negara Liang sangat rajin dalam bertani dan mengairi kebun mereka setiap hari. Sehingga kebun melonnya tumbuh dengan sangat baik. Penduduk negara Chu malas bekerja dan melalaikan pengairan. Sehingga mengakibatkan kebun melonnya tidak tumbuh dengan bagus.

Hakim dari perbatasan negara Chu menjadi cemburu dan jengkel ketika melihat perbedaan kebun melon dari kedua negara tersebut. Atas pengaruh dari hakim Chu, penduduk negara Chu menjadi cemburu dan marah dengan penduduk yang ada di negara Liang. Pada malam hari mereka menyelinap kekebun melon negara Liang dan serta merta merusak beberapa melon-melon mereka. Hari berikutnya ketika penduduk negara Liang menemukan tentang kerusakan ini, lalu mengadukannya kepada pimpinan tentara dan menyampaikan keinginannya untuk mengadakan pembalasan. Pimpinan tentara melaporkan semua ini kepada Song Jiu dan menanyakan persetujuannya untuk membalas. Song Jiu menjawab, “kejahatan hanya akan menghasikan kejahatan, jika engkau membalas kejahatan mereka, engkau akan hanya membuat suatu keburukan. Jika anak saya mempunyai kebun melon, saya akan menyuruh dia untuk mengairi kebun melon negara Chu pada malam hari dan melakukan perbuatan baiknya tersebut secara diam-diam”.

"Balaslah kejahatan dengan kelurusan dan balaslah Kebajikan dengan Kebajikan" 
(Sabda Suci XIV : 34.3) 

Setelah itu lalu penduduk negara Liang mengairi kebun melon milik penduduk negara Chu secara diam-diam di malam hari. Kadang-kadang penduduk negara Chu juga mengairi kebun melonnya disiang hari. Sehingga pada akhirnya kebun milik penduduk negara Chu tumbuh dengan baik. Orang-orang dari negara Chu merasa bingung, mengapa melon mereka dapat tumbuh dengan baik padahal mereka merasa kurang dalam bekerja. Mereka mulai menyelidiki rahasia dibalik semua ini, dan kemudian ditemukan bahwa karena penduduk Liang-lah yang telah mengairi secara diam-diam kebun melon milik mereka. Ketika hakim dari negara Chu mengetahui tentang kebenaran tersebut, dia merasa senang lalu melaporkan semuanya ini kepada raja negara Chu. Raja negara Chu merasa malu atas perbuatan yang dilakukan oleh rakyatnya dan berkata kepada hakim, “bagaimana engkau bisa membiarkan rakyatmu untuk merusak kebun melon milik rakyat negara Liang?. Itu sangat jelas sekali bahwa rakyat negara Liang memiliki sebuah hati yang sangat mulya dibandingkan dengan rakyat Chu”. Raja negara Chu lalu mengirim banyak uang kepada negara Liang sebagai rasa terimakasih dan rasa maaf dan menyampaikan keinginannya untuk menjalin hubungan persahabatan diantara kedua negara. Kedua negara tersebut menjalin hubungan persahabatan karena perilaku Song Jiu.


Disadur dari cerita idiom, “mengairi kebun melon milik negara tetangga”, yang artinya adalah perkelahian yang tidak perlu dilakukan hanya karena masalah yang tidak berarti.



sumber : disini

Please write a comment after you read this article. Thx..!!

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

2 comments:

Jimmy said...

cerita yang bagus.. sekarang ini sulit sekali rasanya meredam emosi dan membiarkan perbuatan tidak baik orang lain pada kita, apalagi membalasnya dengan kebaikan, maunya membalas dengan menyakiti lagi orang yang telah menyakiti kita..

Anonymous said...

terimakasih atas nasihat diatas tlh membuka pintu hati sy utk tdk membalas dendam kpd org yg sgt menyakiti sy. Jujur... Krn persaingan bisnis sy di masukan di penjara oleh adik kandung sy sendiri. Agar bisnis sy tutup. Pdhl sejak kecil hingga dewasa/berkeluarga. sy yg suport semua keuangan buat kelancaran hdp dia. Sekali lg terimakasih atas nasehat diatas. Sgt berarti bagi sy

Post a Comment