Monday, January 3, 2011

Bingung Dengan Agama Anda? Mungkin Anda Termasuk Khonghucu Tradisional


share on facebook
Font Re-Size
Apakah Traditional Confucianism atau Konghucu Tradisional itu?

Traditional Confucianism adalah istilah yang muncul untuk menyebutkan para penganut Khong Hu Cu yang sudah turun temurun dan non educated. Kadang kala mereka bahkan sudah tidak tahu bahwa agama yang mereka anut itu adalah Khong Hu Cu.

Mereka terkadang juga tidak tahu apa saja Kitab Suci Agama KhongHucu tersebut. Jangankan kitab sucinya, ditanya siapa Nabi Kongzi itu mereka juga tidak tahu. Hal ini terjadi karena zaman dahulu banyak rakyat di tiongkok yang tidak terpelajar sehingga terjadi proses pengajaran Agama yang turun temurun tanpa didasari oleh pemahaman-pemahaman konsep secara tertulis (edukatif). Proses pengajarannya hanya melalui kebiasaan-kebiasaan dan adat-adat atau tata cara religi yang bersifat empiris.

Mereka memiliki ciri-ciri untuk selalu bersembahyang kepada para leluhur dan Tian (Tuhan Yang Maha Esa). Contoh: Mengikuti Sembahyang Tahun Baru Imlek, Sembahyang Ceng Beng, Sembahyang Tiong Ciu, Sembahyang Twan Yang (Pecun), Sembahyang Tancik, dsb. Pada umumnya mereka adalah keturunan China, baik yang hidup merantau maupun yang berada di Tiongkok sendiri.

Nah,, Apakah anda adalah termasuk penganut Traditional Confucianism ini?



sumber : disini

Please write a comment after you read this article. Thx..!! 

Tekan "Like" jika kamu menyukai artikel ini. 
Tekan "Share" atau "Tweet" jika menurutmu artikel ini bermanfaat untuk teman2 kalian.

7 comments:

Anonymous said...

so...apa yang harus dilakukan jika berada di lingkungan dimana hampir semua warga adalah konghucu tradisional ?

Me and Confucius said...

Maksudnya apa nih? mohon diperjelas.. trus klo bisa commentnya pake Name/URL yah biar enak balesnya.. thx

vika said...

hoho..mksudnya gini..klo menurut artikel diatas, aq menyimpulkan bahwa sebagian besar di daerahku adalah termasuk khonghucu tradisional, kalau sudah seperti itu cara terbaiknya harus bgaimana yah agar bisa menjadi penganut khonghucu yang baik

terimakasih

Pho said...

Owh ini ci vika toh,, di Bangka udah ada Litang kan? Coba di ajak kebaktian di litang. mungkin pertama2 diajak klo ada acara persembahyangan. Misal sebentar lagi mau Sin Cia bisa di kasih tau gimana cara sembahyang yang benar terus di kasih tau makna dari persembahyangannya itu begini lho bukan sekedar tradisi yang sudah dari dulunya begini.

thx

vika said...

@ pho: tau aj sih..tpi kmunya sapa ? haha
litang ada, masih baru..belom terlalu aktif kyana,setaon aj belom tentu balik sekali ga mungkin aq belajar atau mengajarkan yang disana lagian aq aj bru belajar satu bulan...masih sangat minim yg aq tahu.
teach me ok...thanks before :)

Anonymous said...

Hi vika,

vika orang Bangka ya, mau tanya donk,
"lithang" yang vika maksud itu lokasi nya dimana ya? Pangkalpinang? kalo iya tolong info nya ya ^^. (Saya juga orang Bangka soalnya).

Saya pengen banget mengetahui lebih dalam tentang agama KFC cuma ga tau dimana, maksud saya dalam hal ini lithang, lithang and kelenteng itu rada berbeda.

Sebener nya saya jg baru menyadari perbedaan antara lithang and kelenteng waktu saya baca artikel yang bahas hal tersebut. Selama ini saya kira tempat ibadah umat KFC adalah kelenteng. Hal ini terjadi karena kurang nya pemahaman saya akan agama KFC. Saya merupakan salah satu KFC tradisional.

Makasih atas info sebelum nya ^^

Me and Confucius said...

@anonymous : Kelenteng merupakan salah satu tempat ibadah agama Khonghucu. Dulu orang2 bersembahyang di Klenteng, sedangkan Litang merupakan bagian dari Klenteng dimana fungsinya adalah sebagai tempat berkumpul dan berdiskusi.

Karena pada jaman orde baru hal-hal yang berbau China dilarang maka di buatlah bangunan litang yang berdiri sendiri dan menjadi salah satu tempat ibadah Khonghucu di Indonesia sampai sekarang.

Coba baca: http://www.meandconfucius.com/2010/12/tempat-ibadah-agama-khonghucu.html

Post a Comment