Saturday, September 11, 2010

Nama Sekolah Kuno Tiongkok


share on facebook
Font Re-Size
Tiongkok 4000 tahun lebih yang lalu sudah memiliki sekolah. Di waktu itu, sekolah dinamakan “yang“. Sekolah yang lebih tinggi dinamakan “shang yang“, sekolah yang lebih rendah dinamakan “xia yang“. Sampai dinasti Xia(abad 21 – abad 16 SM), sekolah dibagi lagi menjadi empat tingkatan, yakni: “xue“, “dong xu“, “xi xu“, “xiao“.


Sampai pada dinasti Shang(abad 16 – 1066 SM), empat macam sekolah ini diubah namanya menjadi “xue“, “you xue“, “zuo xue“, “xu“. Dinasti-dinasti berikutnya mendirikan juga sekolah khusus di istana, dinamakan “pi yong“, “cheng jun” dan lain-lain. 


Sesampainya di dinasti Han(206 SM – 23 M), sekolah yang paling tinggi dinamakan “tai xue“, di bawahnya dibagi menjadi “dong xue“, “xi xue“, “nan xue“, “bei xue“. Kemudian “tai xue” diubah menjadi “guo zi xue“, “guo zi si“, “guo zi jian“. Dinasti Han merupakan masa di dalam sejarah pendidikan Tiongkok yang pendidikannya cukup maju. Sekolah pada dinasti Han dibagi menjadi sekolah resmi dan sekolah privat. Salah satu sekolah privat dinamakan “meng xue“, sederajat dengan sekolah dasar.


Sampai kepada dinasti Ming(1368 – 1644 M), dinasti Qing(1644 – 1911 M) yang jaraknya paling dekat dengan hari ini, “Guo zi jian” tidak lagi memiliki karakteristik sebagai sekolah, namun telah menjadi lembaga negara yang khusus mengatur pendidikan. Di saat itu umumnya sekolah dinamakan “shu yuan“, “shu tang“, “si shu“.

Pada dinasti Qing, pemerintah Qing menerbitkan perundangan tentang regulasi sekolah, yang tidak hanya menegaskan seluruh sistem persekolahan, tapi juga menetapkan pelajaran di tiap tingkatan sekolah. Pelajaran sekolah dasar yang dicantumkan dalam perundangan ini adalah satu set pelajaran sekolah dasar yang pertama di Tiongkok.


sumber : disini

Please write a comment after you read this article. Thx..!!

1 comments:

Post a Comment