Sunday, September 5, 2010

Sang Ikan Sudah Bahagia


share on facebook
Font Re-Size
Zi Chan 子 产 (Cu San dialek Hokkian), seorang pejabat tinggi di negeri Zheng 郑 国 (negeri Tin dialek Hokkian), suatu ketika diberi seekor ikan hidup. Ia memerintahkan kepada pembantunya agar ikan itu dipelihara di kolam halaman rumahnya. Tetapi, pembantu itu telah memasaknya untuk makan malamnya. Pembantu itu berceritera kepada Zi Chan demikian :

“Tuan, ketika pertama saya menaruh ikan itu ke dalam kolam, kelihatannya sudah tidak hidup. Tetapi, sekejab kemudian ikan itu melompat-lompat hidup, kemudian ikan itu hilang ke kedalaman kolam dengan mengibas-ibaskan ekornya. “Mendengar penuturan itu Zi Chan berkata, “Oh, alangkah berbahagianya ikan itu.”

Pembantu itu tertawa kecil dalam hati : “Ikan itu telah menghangatkan perutku, tetapi ia mengira ikannya telah berenang di kolam. Kata orang-orang Zi Chan pandai, ha, ha!”

Pembantu itu mentertawakan karena merasa betapa mudahnya ia dapat mengelabui tuannya yang katanya adalah seorang pejabat yang hebat.

Di sini kita melihat betapa kebodohan mempercayai sesuatu tanpa menanyakan segala sesuatu yang kita lihat atau yang kita dengar bisa berbahaya. Seperti banyaknya kasus-kasus penipuan belakangan ini sering terjadi.


sumber : disini


Please write a comment after you read this article. Thx..!!

0 comments:

Post a Comment