Thursday, August 26, 2010

Asal Mula Kata Kelenteng


share on facebook
Font Re-Size
Pada masa Dinasti Tang (618-907) China berhasil mengirim ekspedisi militernya ke daerah China Selatan. Sejak itu orang China mulai menyebar ke Asia Tenggara dan banyak yang terus menetap. Diantara mereka banyak sekali orang-orang Hoakio/Hokkian yang berasal dari daerah-daerah yang terletak di sekitar Amoy di propinsi Fukien (Fujian) dan orang-orang Kwang Fu (Kanton) yang berasal dari Kanton dan Makao di propinsi Kwangtung (Guangdong). Pada masa Dinasti Sung (907- 1127) mulai banyak pedagang-pedagang China yang datang ke negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mereka berdagang dengan orang Indonesia dengan membawa barang dagangan berupa teh, barang porselin China yang indah, kain sutra yang halus serta obat-obatan. Sedangkan mereka membeli dan membawa pulang hasil bumi Indonesia.

Dalam sejarah China Kuno, dikatakan bahwa orang-orang China mulai merantau ke Indonesia pada masa akhir pemerintahan Dinasti Tang. Daerah pertama yang didatangi adalah Palembang yang pada waktu itu merupakan pusat perdagangan kerajaan Sriwijaya. Kemudian mereka datang ke Pulau Jawa untuk mencari rempah-rempah. Banyak dari mereka yang kemudian menetap di daerah pelabuhan pantai utara Jawa seperti daerah Tuban, Surabaya, Gresik, Banten dan Jakarta.

Orang China datang ke Indonesia dengan membawa serta kebudayaannya, termasuk pula unsur agamannya. Dengan demikian, kebudayaan China menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia.

Kepercayaan terhadap ajaran agamanya dieksistansikan pula dalam suatu upacara suci dimana upacara tersebut melibatkan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan suatu tempat atau bangunan suci untuk melakukan upacara. Setiap masyarakat beragama didunia ini memiliki suatu tempat ibadah untuk melakukan upacara keagamaan. Demikian pula halnya dengan orang China. Mereka juga memiliki tempat ibadah yang dinamakan Kelenteng.

Seorang sarjana arsitektur yaitu Evelin Lip menyatakan bahwa masyarakat China yang ingin mendirikan sebuah bangunan suci biasanya akan mengikuti aturan-aturan yang berlaku di China. Aturan-aturan tersebut adalah bahwa suatu bangunan suci biasanya didirikan diatas podium, dikelilingi oleh pagar keliling, mempunyai keletakan simetris, mempunyai atap dengan arsitektur China, sistim strukturnya terdiri dari tiang dan balok serta motif dekoratif untuk memperindah bangunan. Satu hal lagi yang tidak dapat dilupakan masyarakat China dalam pencarian lokasi adalah berpedoman pada Hong Sui (Feng Sui). Dengan berpedoman pada Feng Sui ini diharapkan akan memberikan keberuntungan pada penghuninya. Selain itu juga Lip mengatakan bahwa Kelenteng-kelenteng di China Utara berukuran lebih besar dan hiasannya sangat sedikit dibandingkan dengan yang ada di China Selatan dimana kelentengnya mempunyai banyak hiasan. Bumbungan atapnya dihiasi dengan motif naga, burung phoenix, ikan, mutiara atau pagoda dan ujung bumbungannya melengkung ke atas. Ciri arsitektural seperti inilah yang dibawa ke Singapore dan Malaysia oleh para perantau dan Pedagang China.

Dari mana asal mula kata Kelenteng. Ada tiga versi tentang asal mula kata Kelenteng:

Versi Pertama

Banyak dari kita yang mengira kata Kelenteng adalah istilah luar. Tetapi sebenarnya kata Kelenteng hanya dapat ditemui di Indonesia. Kalau ditilik kebiasaan orang Indonesia yang sering memberi nama kepada suatu benda atau mahluk hidup berdasarkan bunyi-bunyian yang ditimbulkan - seperti Kodok Ngorek, Burung Pipit, Tokek - demikian pula halnya dengan Kelenteng. Ketika di Kelenteng diadakan upacara keagamaan, sering digunakan genta yang apabila dipukul akan berbunyi 'klinting' sedang genta besar berbunyi 'klenteng'. Maka bunyi-bunyian seperti itu yang keluar dari tempat ibadat orang China dijadikan dasar acuan untuk merujuk tempat tersebut. Orang Tionghoa sendiri menamakan Kelenteng itu, sebagai Bio baca Miao. Wen Miao adalah bio untuk menghormati Confucius dan Wu Miao adalah untuk menghormati Guan Gong.

Versi Ke Dua

menurut 'Kronik Tionghoa di Batavia', disebutkan bahwa sekitar tahun 1650, Letnan Tionghoa, Guo Xun-guan mendirikan sebuah tempat ibadah untuk menghormati Guan yin di Glodok. Guan yin adalah Dewi welas asih Buddha yang lazim dikenal sebagai Kwan Im. Pada abad ke-17 waktu umat kristen Jepang dianiaya, patung Dewi Kwan Im menggantikan patung Bunda Maria untuk menyesatkan mata-mata polisi Jepang. Tempat ibadah di Glodok itu disebut Guan yin Ting (Hok Kian = Koan Im Teng) atau tempat ibadah Dewi Guan yin (Kwan Im). Asal mula kata Kelenteng berasal dari sini : Guan Yin Ting -> Koan Im Teng -> Kelenteng, yang kini menjadi lazim bagi semua tempat ibadah Tionghoa di Indonesia.

Versi Ketiga

Asal mula kelenteng itu adalah berasal dari kata (Khe Ren Tang) yang kemudian oleh dialek indonesia dijadikan kelenteng.
Khe Ren == Tamu, Tang== Rumah, Khe Ren Tang (Klenteng) == Rumah peristirahatan tamu. Para pedagang pada masa ribuan tahun yang lalu, berpergian dari kota ke kota untuk berdagang. Merekapun mampir ke tempat peristirahatan ini. Kemudian ditambahkan tempat persembahyangan kepada Thien dan para Dewa Dewi, Oleh para pengurus rumah peristirahatan tersebut. Lama kelamaan, yang menjadi ramai & terkenal pada saat ini menjadi tempat sembahyang/ Ibadah.

sumber : disini

Please write a comment after you read this article. Thx..!!

1 comments:

Anonymous said...

Mengenai yang kedua, dari bunyinya rasanya jauh sekali dari kwan im teng menjadi kelenteng. Kelenteng sudah ada di Indonesia jauh sebelum ada Kwan Im Teng di Glodok.. Contohnya adalah kelenteng Talang di Cirebon. Guan Yin sudah ada sejak jaman sebelum Buddha dan sudah menjadi Shen Ming (Sin Beng) yang banyak disembahyangi di Tiongkok sebelum agama Buddha masuk ke Tiongkok. Agama Buddha masuk Ke Tiongkok sekitar abad ke 1 M. Guan Yin bukanlah Dewi agama Buddha. 'Menjadi' Dewi agama Buddha sejak cerita Sun Go Kong (Perjalanan Ke Barat), yang merupakan cerita fiksi yang ditulis pada jaman dinasti Ming abad 14 M dan menceritakan jaman dinasti Tang, abad ke 7 M.

Post a Comment