Sunday, August 29, 2010

Jam Ajaib


share on facebook
Font Re-Size
Pada jaman dahulu kala, di suatu perkampungan ada seorang hakim yang bernama Chen Siang, dia menerima laporan dari sebuah keluarga bahwa rumah mereka dimasuki pencuri pada malam hari.

Melalui pemeriksaan, Chen Siang segera memerintahkan anak buahnya segera menangkap beberapa orang tersangka, dan menjebloskan mereka semua ke dalam penjara. Saat itu, Chen Siang berkata sambil menunjuk sebuah jam besar yang ditutup dengan tirai: "Ini adalah sebuah jam ajaib, jika ada dari kalian yang mencuri barang, begitu memegang jam ajaib ini maka ia akan mengeluarkan suara." Selesai bicara, Chen Siang menyuruh para tersangka satu persatu memegang jam yang terdapat dibalik tirai, kemudian memeriksa setiap telapak tangan mereka.

Chen Siang melihat, hanya satu orang saja yang telapak tangannya bersih, sedangkan yang lainnya, semua telapak tangan mereka kotor karena terkena tinta hitam yang sengaja dilumurkan ke jam tersebut oleh Chen Siang. Lalu Chen Siang menghardik orang itu dengan berkata : "Kamu pasti merasa gelisah karena kamu kira jam tersebut akan mengeluarkan suara dan takut kejahatanmu diketahui orang kan? Sehingga kamu tidak berani memegang jam itu!"

Orang itu berkata : "Tangan saya berada di balik tirai, bagaimana Anda tahu saya tidak memegang jam itu?"

Chen Siang tertawa terbahak-bahak dan berkata : "Sebelumnya aku menyuruh orang melumurkan tinta pada jam itu, siapa pun yang memegang jam pasti telapak tangannya hitam. Hanya telapak tangan kamu yang tidak hitam, ini menunjukkan kamu tidak memegang jam itu!" Orang itu hanya diam saja, mau tidak mau dia mengaku sebagai pencurinya.



Please write a comment after you read this article. Thx..!!

0 comments:

Post a Comment