Sunday, August 22, 2010

My SUSI/SI SHU untuk HP (Review)


share on facebook
Font Re-Size

MY SUSI.jar adalah sebuah aplikasi untuk HandPhone berbasis java, dapat dibuka disemua jenis HandPhone yang mendukung applikasi java. Aplikasi MY SUSI merupakan sebuah EBOOK yang berisi kitab suci SUSI (kitab suci agama khonghucu).

Aplikasi ini dibuat menggunakan software mj bookmaker 4,7 yaitu sebuah software gratis/open, untuk membuat Ebook berbasis java (jar file). yang dapat digunakan oleh siapa saja. (download internet).

Tujuan aplikasi ini dibuat ialah semata-mata bukan untuk menggantikan kitab SUSI yang telah ada, melainkan untuk memudahkan para generasi muda khonghucu didalam mengakses informasi/membaca dan mempelajari kitab SUSI itu sendiri. karena simple dan mudah berupa sebuah Ebook SUSI yang ada di HP , dapat dibuka dimana saja dan kapan saja.


Tetapi dengan adanya Ebook ini, diharapkan janganlah menjadi sebuah kontroversi, artinya karena sudah ada Ebook susi di HP, sehingga membuat kita malas membawa kitab SUSI setiap kali ada acara kebhaktian di lithang. hal ini janganlah sampai terjadi. karena Ebook ini dibuat hanya untuk memudahkan kita didalam mengakses informasi didalam kondisi tertentu (luar dari kebhaktian).

cara menggunakan aplikasi ini ialah:

1. silahkan download file MY SUSI.jar melalui PC -> disini

2. copy file MY SUSI.jar ke HP/memori stick, simpan di folder lain/other.

3. setelah file itu ada di HP, melalui HP cari file tersebut, yaitu folder lain/other/MY SUSI.jar. pilih buka/instal/pasang aplikasi, dan simpan di permainan atau aplikasi.

4. kemudian melalui folder permainan/aplikasi buka dan jalankan aplikasi tersebut, (MY SUSI)

Review








Tampilan Halaman Awal, Pilihan MENU tidak ditampilkan sehingga membuat layar lebih luas. Jika ingin memilih MENU silahkan tekan Tombol Kanan atau Kiri tergantung jenis HP











Menu, Pilihan Menu dengan keterangan tombol cepat (shortcut-nya)
5 : Save BookMark
6 : Load BookMark
4 : Navigator
8 : Find Next
2 : Display Option
3 : Back Light Option
1 : Autoscroll Options
0 : Date and Time
Book Info
Help
About
Exit









Shortcut & Setting







Shortcut Tombol 7, berfungsi untuk mengubah huruf/font. Jadi untuk anda yang bermata minus bisa lebih mudah membacanya karena tersedia huruf dengan ukuran yang lebih besar.


















Shortcut Tombol 4, berfngsi untuk navigasi. Terdapat pilihan First Page untuk menuju halaman awal, Last Page untuk menuju halaman Akhir dan Position untuk menuju halaman yang diinginkan dengan persentase. Jadi, misal ada 100 halaman dan anda ingin menuju halaman 70 maka anda harus mengetikkan 70%.


















Shortcut Tombol 8, berfungsi untuk melakukan pencarian/search berdasarkan kata yang diinginkan. Jadi, bila anda sedang mencari letak sebuah ayat anda hanya tinggal mengetikan potongan ayat tersebut. Semakin spesifik kata-katanya atau semakin panjang maka pencarian akan memakan waktu lebih lama. Bergantung juga pada jenis HP.

Atau anda juga bisa mencari ayat dengan sistem pengetikan sebagai berikut :

ab.u.1 -> ajaran besar bab utama pasal 1
ab.I.1 -> ajaran besar bab I pasal 1
ts.u.1 -> tengah sempurna bab utama pasal 1
ts.I.1 -> tengah sempurna bab I pasal 1
ss.I.1 -> sabda suci jilid I pasal 1
bc.Ia.1 -> bingcu jilid IA pasal 1
bc.Ib.1 -> bingcu jilid IB pasal 1
Untuk lebih lengkapnya silakan menuju Halaman Akhir.









Shortcut Tombol 5, berfungsi untuk menyimpan halaman yang anda baca. Misal ketika membaca kitab dari awal dan anda ingin menundanya maka anda bisa menyimpan sehingga bisa melanjutkan membaca pada halaman terakhir yang anda baca.






















Shortcut Tombol 6, berfungsi untuk membuka kembali halaman yang sudah anda simpan.



















Shortcut Tombol 1, berfungsi untuk melakukan scrolling secara otomatis sehingga anda tidak perlu menekan tombol navigasi untuk menuju halaman berikutnya. Dengan jeda yang bisa diatur dalam satuan detik.





















Shortcut Tombol 2, berfungsi untuk mengatur tampilan layar seperti mengubah layar menjadi landscape, mengatur jarak baris dan huruf, mengubah jenis huruf, warna huruf dan warna latar belakang.
















Shortcut Tombol 3, berfungsi untuk mengatur lampu latar dan Brightness.





















Shortcut Tombol 0, berfungsi untuk melihat waktu dan tanggal. Terdapat juga catatan berapa lama serta berapa kali kita sudah membuka aplikasi ini.













Aplikasi ini GRATIS dan TIDAK DIPERJUAL-BELIKAN..
Jadi bagi siapa saja yang ingin mempelajari Ajaran Confucius/Kongzi silakan mengunduh file ini.













0 comments:

Post a Comment