Monday, August 23, 2010

SEKOLAH TINGGI AGAMA KHONGHUCU ( KONG JIAO SHU YUAN)


share on facebook
Font Re-Size
Wei De Dong Tian

Puji syukur atas Rakhmat TIAN umat agama Khonghucu mempunyai lembaga pendidikan SEKOLAH TINGGI AGAMA KHONGHUCU ( KONG JIAO SHU YUAN)

Selamat berjumpa di website ini, semoga menjadi suatu sarana komunikasi yang bermanfaat antara pengurus Setakhong dengan segenap rohaniwan,umat dan murid-murid setakhong"KONG JIAO SHU YUAN SEKOLAH TINGGI AGAMA KHONGHUCU" akan diresmikan pada tanggal 28 September 2010, pemilihan tanggal tersebut bukan tanpa arti. Di Zhong Guo peringatan hari kelahiran Nabi KONG ZI dilakukan pada tanggal 28 September, semoga semangat kelahiran Nabi KONG ZI akan senantiasa ada di hati kita untuk selalu belajar dan berjuang untuk agama Khonghucu
Kota Surakarta, atau biasa kita kenal dengan kota Solo, menjadi pilihan pusat berdirinya sekolah tinggi karena di kota Solo pusat perkembangan agama Khonghucu dan disana bertempat para rohaniwan senior kita

Sekolah Tinggi ini milik umat agama Khonghucu, maka marilah kita dukung sehingga dapat menjadi pusat perkembangan agama Khonghucu.

Tiada cita luhur yang tiada dapat tercapai, jika kita berusaha sungguh - sungguh.

Semoga TIAN merakhmati kita semua.

Shan zai

VISI

Menjadi Perguruan Tinggi Agama Khonghucu yang mengembangkan nilai nilai Kebajikan.

MISI

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat berdasarkan agama dan filsafat Khonghucu.


LATAR BELAKANG

Keberadaan pemeluk dan Agama Khonghucu di Negara Indonesia sudah sangat lama jauh sebelum Republik Indonesia ini lahir dan telah melampaui berbagai generasi serta telah melewati berbagai aral dan rintangan yang luar biasa, telah menggoreskan berbagai peristiwa, baik yang menyedihkan maupun yang menggembirakan. Rasa syukur dan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi segenap pejuang, rohaniwan, dan umat yang telah mewarnai perjalanan panjang untuk mempertahankan eksistensi agama Khonghucu selama ini. Tanpa perjuangan dan pengorbanan mereka mungkin kita tidak dapat menikmati kemerdekaan beragama Khonghucu seperti saat ini. Keimanan yang kuat dari umat Agama Khonghucu tentu memegang peran penting dan untuk mengembangkan diri agar lebih dapat menggemilangkan Kebajikan, maka umat Khonghucu perlu diberikan pendidikan tentang agamanya sampai ke tingkat kedalaman jenjang pendidikan tinggi.

Diberbagai belahan bumi, ajaran suci Nabi KONG ZI dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan, dan terbukti berkontribusi secara positif untuk mengangkat harkat dan martaba bangsa dan Negara di mana rakyatnya mempraktikan Ajaran Agama Khonghucu sebagai ‘civil religion’ bagi kehidupan pribadi, bermansyarakat dan berbangsa.

Dengan latar belakang tersebut, dan telah dipulihkannya harkat dan martabat umat Khonghucu di Indonesia, maka sudah seyogianya umat Khonghucu Indonesia mendalami ajaran agama Khonghucu di Indonesia yang diimani sebagai Bimbingan Hidup Menempuh Jalan Suci, agar dapat berkontribusi secara signifikan bagi umat, masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia.

Disamping itu perkembangan umat Khonghucu di Indonesia saat ini, dan tuntutan kebutuhan sumber daya manusia untuk guru-guru dan dosen agama Khonghucu sudah tidak dapat ditawar lagi. Adanya pendidikan agama dan keagamaan Khonghucu berdasarkan Peraturan Pemerintah sebagai penjabaran Undang-Undang Pendidikan Nasional memerlukan sumber daya manusia yang terdidik. Untuk memenuhi kebutuhan internal maupun meningkatkan partisipasi kelembagaan agama Khonghucu pada urusan eksternal, maka kebutuhan akan rohaniwan untuk membina umat, melayani kebutuhan kerohanian umat, menjadi nara sumber pada seminar, dialog antar agama, menjawab tantangan global, maka dirasakan sangat mendesak untuk didirikan SEKOLAH TINGGI AGAMA KHONGHUCU yang akan mendidik mahasiswa pada jenjang S1 (LI DAO SHI) dan pada jenjang S2 (XIAN DAO SHI). Tatkala kebebasan bagi pembinaan agama Khonghucu terkekang, para rohaniwan senior telah berkarya menekuni pembinaan rohaniwan dan umat melalui Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) dan Kebaktian-kebaktian agama Khonghucu, maupun pelatihan-pelatihan. Kini tibalah saatnya kita maju selangkah lagi dengan meneruskannya sebagai rasa bakti kita, yakni mewujudkan suatu lembaga Pendidikan Agama Khonghucu yang bermutu sehingga mampu menghasilkan pemimpin-pemimpin agama Khonghucu yang memiliki pengetahuan dan kemampuan serta karakter yang dapat memenuhi tuntutan nasional maupun global.

Pendaftaran

Syarat pendaftaran :
* Lulusan SMA / Sederajat
* Fotocopy Akte Kelahiran : 3 Lembar
* Fotocopy KTP : 3 Lembar
* Foto ukuran 4x6 : 3 Lembar
* Mengisi Formulir Pendaftaran

silahkan klik disini untuk lebih jelas
dan untuk mendownload formulir pendaftaran klik disini



LOKASI KAMPUS SETAKHONG

JL. Dr. Yap Tjwan Bing 15 Solo.


Bidang ilmu yang akan diselenggarakan

1. Theologi Agama Khonghucu (Ru Jiao Shen Xue Zhuan Ye)
2. Flsafat Khonghucu (Ru Jia Zhe Xue Zhuan Ye)


Daya tampung mahasiswa dalam lima tahun mendatang

Tahun ke Mahasiswa
1 60
2 200
3 350
4 550
5 800


Kebutuhan masyarakat akan tenaga ahli yang akan dihasilkan:

* Guru/dosen agama Khonghucu di sekolah.
* Guru , dapat mendirikan sekolah formal.
* Rohaniwan dapat membina rohani umatnya.
* Pembina/pemimpin tempat ibadat agama Khonghucu
Lithang / kelenteng /Khongcubio / Kong Miao.
* Cendikiawan , dapat memenuhi kebutuhan nara sumber dalam acara
dialog, seminar dll.
* Konsultan bisnis.
* Konsultan hukum.
* Ahli dalam bahasa Tionghua dalam lisan maupun tulis.
* Ahli dalam bahasa Inggris dalam lisan maupun tulis.


Bagi yang ingin mengembangkan ajaran Kongzi ini adalah salah satu kesempatan baik untuk diambil.




Please write a comment after you read this article. Thx..!!

3 comments:

antoheryanto THEN said...

WDDT...cara buat dfatr jd mahasiswa setakhong ecara online gmnna?

admin said...

coba menghubungi Ws. Lucia Herawati 087833353836 atau 0285423036
beliau yg lebih tahu mengenai Setakhong.. Thx

Anonymous said...

WDDT,
untuk biayanya bagaimana? dan apakah sistem belajar bisa secara online atau harus datang ke kampus?

Post a Comment